Cara Pencegahan dan Perlindungan Utama Penyakit Demam Berdarah

DBD atau yang biasa disebut dengan penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang bisa dikatakan cukup sering terjadi, terutama pada saat musim hujan. Dipearkirakan terdapat seratus juta kasus demam berdarah yang terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang.

Bila seseorang terinfeksi virus demam berdarah, maka orang tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti demam tinggi hingga 41 derajat celsius, sakit kepala, nyeri otot, tulang, sendi, nyeri atau rasa sakit di bola mata, hingga gejala berat seperti bintik merah pada kulit, mual dan muntah, bahkan pendarahan kecil dari gusi atau hidung.

Kebanyakan dari kita selalu berpikiran bahwa nyauk Aedes Aegypti ini lebih senang berada di tempat kotor saja. Namun, ternyata nyamuk ini lebih senang berada di air bersih yang dibiarkan tergenang. Oleh sebab itu, mari kita ikuti beberapa langkah pencegahan penyakit demam berdarah:

1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah secara rutin dengan mengeringkan genangan air, menutup dan menguras penampungan air bersih, serta mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang
2. Menggunakan lotion anti nyamuk
3. Memasang kasa anti nyamuk di setiap jendela atau ventilasi udara
4. Tidak menggantung pakaian atau handuk basah di dalam kamar, karena bisa menjadi sarang nyamuk
5. Menggunakan pakaian berlengan panjang serta celana panjang ketika beraktivitas di luar rumah

Melakukan pencegahan terhadap terjadinya penyakit demam berdarah merupakan hal yang harus dilakukan mulai dari lingkungan rumah sendiri. Anda juga bisa memproteksi diri Anda serta keluarga Anda lebih lagi dengan jaminan perlindungan kesehatan, agar penyakit demam berdarah tidak menjadi sebuah kekhawatiran bagi Anda. Simas Sehat hadir untuk memperlengkapi keluarga Anda dengan berbagai jaminan kesehatan, sehingga Anda dan keluarga Anda tidak cemas terhadap biaya dari risiko-risiko penyakit yang ada.

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :