Pengaruh Ketidakseimbangan Hormon Pada Wanita

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi yang memengaruhi cara sel dan organ tubuh kita bekerja dan berfungsi.

Periode Menstruasi Tidak Teratur, jika terjadi ketidakseimbangan estrogen dan progesteron maka siklus haid dapat terganggu.

Masalah Tidur, rendahnya kadar hormon progesteron dapat menyebabkan wanita sulit jatuh tidur dan tetap tidur di malam hari. Estrogen rendah dapat memicu hot flash dan keringat malam yang menyebabkan gangguan pola tidur.

Jerawat Kronis, kelebihan hormon androgen dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak meningkat. Androgen juga mempengaruhi sel-sel kulit di dalam folikel rambut. Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat.

Hambatan dalam berpikir, perubahan estrogen dan progesteron membuat daya pikir menurun dan otak berkabut, karena hormon estrogen mempengaruhi neurotransmiter di otak.

Gangguan perut, usus dilapisi reseptor yang merespons estrogen dan progesteron yang mempengaruhi metabolisme dan pencernaan makanan. Bila hormon terganggu maka akan timbul diare, sakit perut, kembung, dan mual terutama saat menstruasi.

Kelelahan fisik, kelebihan produksi progesteron menyebabkan sering mengantuk dan gangguan hormon tiroid menyebabkan energi terkuras.

Perubahan Suasana Hati dan Depresi, ketidakseimbangan hormon estrogen menyebabkan kemurungan dan rasa sakit karena mempengaruhi serotonin, dopamin, dan norepinefrin di otak.

Nafsu Makan dan Berat Badan, hormon estrogen memengaruhi kadar leptin yaitu zat yang membantu mengatur asupan makanan dalam tubuh.

Sakit kepala, terjadi produksi hormon estrogen menurun sebelum dan setelah menstruasi setiap bulan.

Kekeringan Vagina, hormon estrogen menurun akan mengurangi cairan vagina menyebabkan vagina kering dan mudah iritasi.

Hilangnya Libido, pada wanita jika kadar hormon testosteron menurun, menyebabkan hilangnya minat terhadap seks.

Perubahan Payudara, penurunan kadar estrogen membuat jaringan payudara menjadi kurang padat.


Salam sehat,
Team Dokter Simas Sehat

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :