Bingung Karena Mens Tidak Berhenti setelah Suntik KB

Tanya :

Selamat pagi Dokter,

Setelah mengikuti KB suntik yang 3 bulanan, saya mengalami mens terus menerus setiap hari keluar darah dan sudah berjalan 6 bulan ini. Saya sudah periksa dan dilakukan USG hasilnya tidak ada kelainan di rahim saya. Diberikan obat untuk menghentikan perdarahan, perdarahan berhenti sekitar 2 minggu setelah itu mulai keluar darah lagi, Apakah ada solusinya ya Dokter ? Terima kasih

XXXX XXXXXXX (24 tahun)
EST_XXXXX@GMAIL.COM
Tinggi Badan : 150 cm, Berat Badan : 39 kg

Jawab :

Dear Ibu EM,

Secara umum saat ini alat kontrasepsi (KB) terbagi atas dua jenis, yaitu :

Efek samping dapat ditimbulkan oleh alat KB yang mengandung hormon,namun sifatnya sangat individual artinya tidak semua orang akan mengalami efek samping yang sama, bahkan ada yang tidak mengalami efek samping sama sekali.

Efek samping penggunaan alat KB yang mendung hormon adalah sakit kepala, gangguan menstruasi seperti mens tidak teratur, penambahan berat badan dan deposit lemak diperut, mual, sakit kepala, dll.

Yang saat ini Ibu alami adalah gangguan menstruasi yang merupakan salah satu efek samping mengunaan alat KB suntik. Bila Ibu tidak merasa nyaman, sebaiknya konsultasikan dengan suami untuk menentukan alat KB lain yang lebih sesuai dan cocok.

Kami sarankan supaya mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Sp.OG) untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan menyarankan beberapa alternatif pengganti untuk alat KB, tapi semuanya akan tergantung kepada keputusan Ibu dan suami.

Untuk menghentikan menstruasi adalah dengan menunggu sampai efek obat KB suntik tersebut habis dari dalam tubuh yaitu 30 hari, kemudian bila menstruasi tidak berhenti maka Dokter akan memberikan obat selanjutnya sambil menunggu keputusan dari Ibu dan suami, untuk mengganti alat KB.



Salam Sehat,

Team Dokter Simas Sehat

Layanan