Tips Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Serangan jantung dan stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Saat ini penyakit tersebut bahkan banyak dialami oleh pasien usia muda dan produktif. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dan memahami gejala-gejala dari penyakit tersebut.
Berikut enam tips untuk mencegah serangan jantung dan stroke :

Jaga Pola Makan Sehat
Dengan menjaga pola makan sehat (diet sehat) dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Perbanyak asupan buah, sayuran, biji-bijian, daging ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan gandum. Selain itu kurangi asupan gula, garam, lemak jahat dan hindari alkohol.

Berolahraga Teratur
Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya agar organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Kamu dapat melakukan latihan aerobik selama 5 hari dan 2 hari lainnya latihan beban atau kamu juga bisa mencoba berjalan selama 15 menit di pagi hari dan lainnya sebelum makan siang.

Jaga Berat Badan
Menjaga berat badan Anda tetap ideal merupakan salah satu cara untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Kamu dapat menjaga berat ideal kamu dengan membatasi jumlah kalori yang kamu konsumsi dan selalu berolahraga teratur untuk membakar kalori lebih banyak.
Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, kamu tetap bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan berolahraga, diet sehat dan berhenti merokok. Perlu kamu ketahui kehilangan 5-10% berat badan saja sudah dapat memperbaiki kolestrol dan menurunkan tekanan darah dan gula darah.

Jangan Merokok
Selain membahayakan paru-paru, merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Perokok memiliki resiko menderita penyakit jantung 2-4 lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok dan memiliki resiko menderita stroke 2 kali lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok. Pastikan pula agar kamu tidak menjadi perokok pasif.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahunnya untuk mengetahui secara dini berbagai gangguan maupun faktor resiko yang kamu miliki, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, dan resistensi insulin (tanda awal diabetes)

Perhatikan Gejalanya
Pada wanita:
Gejala umum yang sering terjadi adalah nyeri dada. Sebelum terjadi serangan, terkadang rahang, leher, punggung dan lengan akan terasa sakit. Sakit perut seperti sakit maag juga umum terjadi.Banyak wanita salah membedakan dua jenis penyakit ini (gejala serangan jantung dan sakit maag). Gejala lain yang mungkin timbul adalah kesulitan bernapas, kelelahan ekstrim, mual dan keringat dingin.

Pada pria:
Gejala yang paling dominan adalah nyeri dada dan sesak yang ekstrim. Namun, pria juga dapat mengalami jenis gejala yang umum dirasakan oleh wanita.

Gejala stroke cenderung sama antara pria dan wanita, yaitu :
1. Merasa sangat kebingungan
2. Mengalami kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan
3. Kehilangan koordinasi dan keseimbangan, yang dapat membuat Anda sulit untuk berjalan
4. Sakit kepala intens tanpa sebab yang jelas
5. Gangguan penglihatan
6. Tubuh menjadi lemah atau mati rasa pada satu sisi tubuh. Hal ini dapat memengaruhi struktur dan kemampuan gerak wajah, kaki atau lengan Anda.

Apabila menemukan dan mengalami gejala-gejala tersebut, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.


Sumber :
Hellosehat.com
Doktersehat.com
Dokter.id
Kompas.com

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :