Cegah Panas Dalam Selama Puasa

Panas dalam dapat menyerang siapa saja, apalagi bagi teman - teman yang sedang menjalankan ibadah puasa, risiko terserang panas dalam jauh lebih meningkat. Apabila gejala panas dalam menyerang, tentu saja hal tersebut sangat mengganggu aktivitas kita.

Berikut tips untuk menegah panas dalam selama bulan puasa :

1. Kurangi makanan pedas dan berminyak
Saat sahur dan berbuka sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, karena makanan tersebut dapat memicu panas dalam.

2. Minum susu murni
Minumlah segelas susu murni saat sahur dan setelah berbuka puasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari gangguan panas dalam.
Susu murni berperan sebagai zat protektif dan pencegah panas dalam.

3. Konsumsi madu
Ketika kamu sudah mulai terserang panas dalam, konsumsilah madu saat berbuka. Maadu berperan sebagai obat alami yang efektif untuk mencegah dan meredakan panas dalam.

4. Takjil pencegah panas dalam
Saat berbuka, hindari mengonsumsi makanan yang memicu panas dalam, misalnya gorengan. Sebaiknya kamu mengonsumsi takjil yang lebih sehat, seperti cincau, buah - buahan, sayuran atau bubur kacang hijau.

5. Rutin berolahraga
Walaupun berpuasa, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Rutin berolahraga selama puasa, terutama ketika mendekati waktu berbuka, dapat mencegah panas dalam sekaligus membakar lemak dalam tubuh.

Itulah tips untuk mencegah panas dalam selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi cairan tubuh dengan minum air yang cukup di saat sahur dan berbuka.

Sumber : Gohitz.com

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :