Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa

Bulan Ramadhan akan dimulai pada tanggal 17 Mei 2018. Di bulan yang penuh berkah ini, umat Muslim diwajibkan untuk dapat menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Walaupun berpuasa, bukan berarti menghambat kita untuk beraktivitas sehari - hari. Selalu perhatikan asupan nutrisi dan menjaga kesehatan saat

berpuasa adalah yang terpenting, agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.
Berikut tips agar tubuh tidak lemas selama menjalankan ibadah puasa.

1. Saat Bersantap Sahur
Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat dan lemak sehat.

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidart yang dalam proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama sehingga membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama seperti beras merah, produk olahan gandum utuh, umbi - umbian, sayur dan kacang - kacangan

Tambah asupan protein yang bisa kamu dapatkan dari ikan, ayam, telur, tahu, tempe yang dapat memberikan

energi selama berpuasa dan mencegah katabolisme (penyusutan) otot selama berpuasa, sehingga kamu tidak akan merasa lemah dan lesu selama menjalankan ibadah puasa.

Serat juga memiliki peranan penting, karena serat mampu mengikat air dan memberikan efek kenyang yang

lebih lama. Serat bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran, selain itu beras merah, gandum utuh dan kacang - kacangan pun mengandung serat yang tinggi.

Konsumsi juga makanan yang mengandung lemak sehat yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan dan berperan dalam menyediakan energi cadanagan. Lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, kacang - kacangan, minyak kelapa, dan alpukat.

Kamu juga harus membatasi asupan garam, karena makanan tinggi garam membuat kamu lebih cepat lapar dan dehidrasi. Selain itu, minum air yang cukup, Dokter Gizi Johannes Chandrawinata, SpKG., menyarankan untuk meminum sedikitnya empat gelas air putih ketika sahur agar metabolisme pencernaan berfungsi dengan baik. Pakar gizi Profesor Dr. Hardinsyah, MS menambahkan dua gelas diminum sebelum dan setelah makan sahur.

2. Saat Berbuka
Konsumsilah makanan yang manis terlebih dahulu dan jangan langsung makan besar agar fungsi pencernaan tidak terganggu. Kamu bisa memulai buka puasa dengan mengonsumsi takjil terlebih dahulu, misalnya saja dengan menyantap buah kurma secukupnya, buah - buahan segar, kolak, teh manis, atau jus kemudian dilanjutkan dengan hidangan utama berbuka. Hindari juga minuman bersoda. lebih baik mencukupi cairan tubuh dengan air putih.

4. Jangan Lupa Berolahraga
Saat berpuasa, bukan berarti kamu menghindari olahraga. Olahraga dapat membuat tubuhmu lebih bugar dan sehat saat berpuasa. Kamu dapat melakukan olahraga yang lebih ringan seperti jalan sehat, lari - lari kecil atau bersepeda disekitar kompleks rumah setelah sahur. Atau bagi yang ingin berolahraga setelah berbuka, kamu bisa latihan beban dengan mengurangi beban namun set dan repetisinya tetap atau tidak berubah seperti yang biasa kamu lakukan.

5. Waktu Tidur Cukup
Tidur yang berlebihan atau kurang saat menjalankan ibadah puasa tidak dianjurkan, karena akan membuat tubuh cepat merasa lelah. Kamu dianjurkan untuk tidur setelah Shalat Tarawih agar dapat bangun saat sahur nanti. Tidur sebentar di siang hari juga sangat dianjurkan.

Sumber :
vemale.com
detik.com
hallosehat.com
osbornnutrindo.com

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :