Lakukan 5 Gerakan Ini di Meja Kerja, Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Bekerja seharian di depan komputer atau duduk terlalu lama di belakang meja kerja menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh pekerja kantoran. Namun apakah kamu tahu dampak buruknya bagi kesehatan? Mulai dari gangguan pada mata, tulang belakang, nyeri pada leher dan bahu, kegemukan bahkan risiko serangan jantung.

Dilansir dari Channel News Asia, Dr. Micaiah Meuer, senior chiropractor di Urbanrehab, Singapore mengatakan rata-rata, kebanyakan orang duduk selama delapan hingga sembilan jam setiap hari. Ketika kita berada dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama, sendi dan jaringan akan membuat sebuah "cetakan" sehingga sulit bagi kita untuk kembali kepada posisi yang lebih baik.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk melakukan peregangan tubuh, berikut 5 gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan di balik meja kerjamu.

Peregangan Leher
Angkat dan dorong tangan ke langi - langit sambil mengangkat punggung bagian atas, kemudian miringkan kepala ke atas, lalu turunkan leher untuk meregangkan badan
atau kamu juga bisa menggeleng-gelengkan leher ke kanan dan kiri.

Peregangan Bahu
Angkat bahu kamu ke arah telinga sambil tarik nafas dalam-dalam dan tahan selama tiga detik, kemudian hembuskan secara perlahan. lakukan hingga 10 kali.

Peregangan Punggung
Untuk punggung bagian atas dan tengah, kamu bisa melakukan peregangan dengan cara duduk tegak dan lilitkan tangan seolah kamu memeluk dirimu sendiri, tekuk tubuh ke depan dan jaga punggungmu agar tetap lurus. Tahan posisi ini selama 30 detik sambil menarik napas beberapa kali.

Untuk punggung bagian bawah, angkat satu lutut, tahan bagian belakang paha dengan tangan dan gerakkan jari-jari kaki ke atas lakukan selama 30 detik.

Peregangan Pinggul
Duduklah di tepi kursi. Luruskan punggung sebelum memutar badan sedikit ke kiri. Tekuk kaki kiri ke dalam dan rentangkan sejauh mungkin ke belakang kamu.
Tekan pinggul kanan kamu ke lantai. Rasakan peregangan yang bagus di pinggul kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan luruskan kaki secara perlahan. Ulangi dengan proses berlawanan.

Peregangan Tangan
Kepalkan kedua telapak tangan. Regangkan tangan ke depan, lakukan gerakan memutar searah jarum jam sebanyak10 kali.

Untuk menjaga kesehatan tubuhmu jangan lupa juga untuk selalu berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

Sumber : Liputan6.com

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :