Tampil Cantik Alami Dari 5 Makanan Ini

Tampil cantik dengan kulit bersinar dambaan setiap wanita di dunia ini. Segalanya akan dilakukan demi terlihat menawan dan menjadi perhatian lawan jenis. Mulai dari melakukan treatment khusus di klinik kecantikan hingga yang paling ekstrim yaitu operasi plastik.

Kecantikan yang sempurna adalah cantik alami tanpa ada kontaminasi dari bahan-bahan kimia. Iya, membutuhkan proses dan tidak instan karena cantik alami berasal dari apa yang menjadi asupan ke dalam tubuh sehingga kita mempunyai kulit kencang dan bersinar.

Wanita cantik identik memiliki kulit yang bagus, karena bagian tubuh terluar yang pertama dilihat orang lain. Kulit berfungsi mencegah terjadinya dehidrasi dan mengubah sinar matahari menjadi vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Supaya kulit tetap terjaga, kita perlu memperhatikan asupan makanan ke dalam tubuh kita.

Ada beberapa makanan yang wajib kita konsumsi agar menjaga kesehatan kulit, yaitu :

1. Makanan Kaya Antioksidan
Antioksidan ialah sebagai pemangsa radikal bebas berperan melindungi kulit serta bekerja memperbaiki kerusakan sel kulit dari paparan sinar ultraviolet hingga faktor eksternal lain seperti nikotin dan alkohol. Kemampuan antioksidan yang paling terlihat yaitu mampu merangsang produksi kolagen dari proses peremajaan kulit.

Kita dapat memakan makanan tinggi antioksidan diantaranya biji-bijian, buah-buahan berwarna-warni, sayuran seperti tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, jerul, paprika, dan kacang-kacangan.

2. Makanan Kaya Selenium
Selenium sama dengan dengan antioksidan yang dapat memberikan perlindungan pada kulit dari radikal bebas. Selain menghindari dari tanda-tanda penuaan, selenium juga dapat mencegah kanker kulit. Nutrisi ini bisa kita temukan pada udang, ikan kakap, tuna, salmon, daging sapi, tiram, sarden, dan kepiting.

3. Makanan Kaya Koezim Q10
Antioksidan yang terdapat pada hampir setiap sel tubuh manusia menyerupai vitamin. Koezim Q10 terlibat dalam membuat energi dan membantu kerja sel-sel tubuh. Antioksidan ini ditemukan pada makanan salmon, tuna, dan biji-bijian.

4. Makanan Kaya Vitamin A, C, E
Ketiga vitamin ini memiliki manfaat yang berbeda-beda tapi semuanya memberikan kontribusi untuk kulit sehat.

Vitamin A - membantu menjaga kulit terlihat segar dan bersinar dengan mencegah kekeringan, mengurangi bintik-bintik gelap, dan merapikan kerutan. Makanan yang mengandung vitamin ini termasuk sayuran berdaun gelap, jeruk, wortel, melon, straberry, dan telur.

Vitamin C - meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit untuk membantu mencegah keriput, garis-garis, dan kerut. Makanan yang kaya akan vitamin C diantaranya paprika, jeruk, sayuran hijau gelap, pepaya, dan kiwi.

Vitamin E - antioksidan yang melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Vitamin ini dapat kita temukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, zaaitun, sayuran hijau gelap, dan minyak sayur.

5. Makanan Mengandung Omega 3
Omega 3 membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ternyata kandungan omega 3 banyak terdapat dalam ikan tuna, salmon, kacang kenari, bayam, dan buah alpukat. Jenis-jenis makanan ini termasuk dalam golongan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh kita. Nutrisi omega 3 itu sendiri mendukung kulit terhidrasi tampak lebih cerah, sedangkan asam lemak sebagai pelembab alami yang dapat merevitalisasi kulit kering dari dalam dan luar. Ada beberapa jenis makanan lain yang mengandung omega 3 seperti ikan makarel, sarden, tenggiri, minyak canola, walnut, dan kacang kedelai.

Kelima makanan bernutrisi untuk menjaga keindahan kulit, ada lagi menjadi faktor yang sangat penting untuk tidak dikonsumsi yaitu makanan berkadar gula tinggi. Konsumsi gula bisa menyerap banyak cairan dalam lapisan kulit dan membuat kulit menjadi keriput. Hal ini disebabkan karena kolagen pada kulit berkurang sehingga tidak dapat bekerja maksimal.

Ingin tampil cantik dengan kulit sehat, indah, dan berseri? Mulai dari sekarang makan kelima jenis makanan yang mengandung antioksidan, selenium, koezim Q10, vitamin A, C, E serta omega 3.

Sumber :
hellosehat.com

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :