Cegah Kanker Payudara dengan 4 Makanan Sehat

Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit ganas yang menjadi ancaman setiap wanita di seluruh dunia.
Sebagai wanita kita harus selalu waspada terhadap ancaman tersebut. Salah satu cara pencegahan kanker payudara adalah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dikutip dari vemale.com, berikut 4 makanan terbaik yang dipercaya dapat menjauhkan kanker payudara.

1. Ikan
Ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan ikan laut lainnya memiliki asam lemak omega 3 yang mampu membantu menurunkan inflamasi dalam tubuh. Penelitian tahun 2014 dalam jurnal Cancer Causes & Control menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 tiap hari bisa turunkan risiko kanker payudara. Jika beli ikan terlalu repot, bisa juga mengonsumsi kapsul minyak ikan.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun termasuk lemak sehat, dan menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam JAMA, menambahkan 4 sendok makan minyak zaitun ke dalam salad buah dan sayur mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 68%.

3. Buah dan sayur
Banyak penelitian, salah satunya tahun 2011 dalam jurnal European Journal of Nutrition menemukan bahwa diet sehat buah dan sayur bisa menurunkan risiko kanker payudara karena tingginya antioksidan di dalamnya. Serat dalam buah dan sayur juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh secara umum. Tapi kamu perlu mengurangi buah yang terlalu manis seperti buah pisang dan mangga untuk menjaga gula darah.

4. Kedelai
Makanan berbasis kedelai, baik itu kacang kedelai asli, edamame, tempe, tahu dan susu kedelai adalah makanan yang bisa menurunkan kanker payudara. Tapi jika ada mutasi gen BRCA2, kedelai perlu dihindari, karena penelitian 2013 yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa kedelai dan makanan olahannya bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :