Mari Kita Cegah Diabetes Mellitus (Kencing Manis) Dengan Lakukan 7 Lan

Diabetes Mellitus (DM) lebih dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya.

Tubuh orang yang mengalami diabetes mellitus tidak dapat memproduksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas sehingga kadar gula darah meningkat dan menyebabkan komplikasi jangka pendek hingga jangka panjang. Hormon insulin itu sendiri merupakan pengatur metabolisme kabrohidrat, lemak, dan protein.

Dalam penyakit Diabetes Mellitus terdapat dua tipe, yaitu DM 1 dan DM 2. Negara kita termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes yang diperkirakan mencapai sekitar 8,5 juta jiwa pada tahun 2013 dengan rentang usia 20-79 tahun dan sebagian besar penderita tidak menyadarinya.

Pada penderita Diabetes Mellitus tipe 1 bergantung sekali kepada insulin yang diberikan dari luar tubuh. Pemberian insulin karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang hingga menghancurkan sel-sel pankreas dimana tempat produksi insulin. Penyakit ini pada umumnya berusia dibawah 40 tahun dan sangat jarang terjadi, maka dari itu diabetes tipe 1 sering disebut diabetes anak-anak.

Diabetes Mellitus tipe 2 sangat berbeda sekali dengan diabetes tipe 1. Hampir 90 persen penderita diabetes di dunia ini mengidap penyakit tipe ini, penyebab utama karena kekurangan insulin dalam tubuh lebih dikenal dengan istilah resistensi terhadap insulin. Langkah untuk mencegah penyakit ini dengan memperhatikan pola makan sehat dan terus memantau kadar glukosa dalam darah.

Adapun gejala-gejala pada diabetes mellitus tipe 2 diantaranya :
- Berat badan menurun dengan cepat, disebabkan kerusakan pada organ pankreas
- Sering kesemutan, disebabkan rusaknya ujung saraf
- Luka sulit sembuh, disebabkan pembuluh darah dan saraf yang rusak
- Pada wanita, berulangnya infeksi pada vagina (keputihan, infeksi jamur)
- Pada wanita dengan riwayat depresi kronis

Penderita Diabetes Mellitus tipe 2 tidak akan bisa sembuh dikarenakan penyakit seumur hidup bagi si penderitanya. Namun hal ini tidak perlu ditakutkan, ada beberapa cara untuk mencegahnya, diantaranya :
1. Jaga berat badan ideal
2. Olahraga teratur
3. Konsumsi makanan rendah kalori dan rendah lemak
4. Rutin melakukan kontrol kadar gula darah
5. Monitor ketat tekanan darah (73% penderita DM memiliki tekanan darah tinggi)
6. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih minimal 2 liter/hari
7. Perbanyak konsumsi makanan yang dapat mencegah naiknya kadar gula darah seperti kacang hijau, kacang tanah, buncis, bayam, jeruk, dan ubi jalar.

Hal terpenting pada setiap penderita Diabetes Mellitus adalah melakukan kontrol kadar gula darah dan selalu ingat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat yaitu makan makanan sehat, olahraga teratur, istirahat cukup, dan memiliki pikiran sehat.

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :