Sepuluh Cara Sehat Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Laju Metabolisme tubuh yang tinggi merupakan faktor penting dalam mengontrol berat badan seseorang. Laju metabolisme tubuh ini tergantung dari jenis kelamin, usia dan faktor keturunan. Pria cenderung lebih cepat metabolismenya daripada wanita walaupun sedang istirahat.

Berikut 10 cara sehat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh :

1. Bentuk Otot
Lakukan olahraga untuk pembentukan otot, karena otot lebih banyak menggunakan kalori dibandingkan lemak walaupun dalam kondisi istirahat.

2. Latihan aerobik secara teratur
Olahraga seperti lari, joging, jalan cepat, zumba dan berenang secara teratur minimal seminggu tiga kali dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga jumlah kalori yang dibakar semakin banyak.

3. Minum air yang cukup
Bila tubuh dehidrasi maka otomatis akan terjadi perlambatan metabolisme, karena air dibutuhkan dalam proses pembakaran kalori. Orang dengan kecukupan cairan tubuh akan membakar lebih banyak kalori dibanding mereka yang kurang minum. Minumlah minimal 2 liter air putih sehari dan tambahkan dengan cairan yang berasal dari buah-buahan segar.

4. Cobalah minum Minuman Berenergi
Beberapa minuman berenergi mengandung kafein, taurine dan asam amino yang dapat meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun harus diperhatikan bahwa minuman ini dapat menimbulkan efek samping berupa naiknya tekanan darah, diabetes melitus, kecemasan dan gangguan tidur pada beberapa orang. Perhimpunan Dokter Anak melarang pemberian minuman energi ini untuk anak dan remaja.

5. Atur waktu makan yang baik
Sebaiknya dalam sehari makan dibagi dalam porsi-porsi kecil dan frekwensi yang sering seperti makan berat tiga kali dan dua kali makan selingan. Makan berat artinya makan lengkap (Karbohidrat, protein, lemak) pada waktu sarapan, makan siang dan makan malam. Sedangkan selingan berupa buah segar dan sayuran. Karena terbukti dengan
makan selingan makan porsi makan berat akan berkurang, dan metabolisme tubuh tetap stabil.

6. Makan makanan pedas
Makanan pedas terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh, cobalah campur makanan dengan cabai merah atau cabai hijau setiap kali makan.

7. Ganti Karbohidrat dengan Protein
Makan protein terbukti meningkatkan metabolisme tubuh karena tubuh membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein dibandingkan karbohidrat dan lemak. Sumber protein yang baik contohnya daging sapi tanpa lemak, kalkun, ikan, daging ayam putih, tahu, kacang-kacangan, telur, dan produk susu rendah lemak.

8. Minum secangkir kopi hitam pada waktu pagi
Kafein terbukti meningkatkan metabolisme dalam jangka pendek, satu cangkir kopi hitam sehari adalah dosis yang cukup untuk meningkatkan semangat dipagi hari.

9. Bangkitkan semangat dengan Teh Hijau
Teh hijau atau teh oolong menawarkan manfaat gabungan dari kafein dan katekin, zat yang terbukti meningkatkan metabolisme selama beberapa jam. Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 sampai 4 cangkir teh sehari dapat mendorong tubuh untuk membakar kalori 17% lebih banyak selama berolahraga.

10. Hindari "Diet Crash"
Yaitu jenis diet yang mengurangi kalori sehari dari makan selama seminggu sehingga berat badan cepat turun. Selain membuat tubuh kekurangan banyak nutrisi
penting, diet ini menyebabkan tubuh kehilangan massa otot sehingga menyebabkan metabolisme menjadi lambat dan akhirnya berat badan akan ccepat naik kembali.

Semua langkah diatas bersifat ringan dan tidak membahayakan kesehatan, tetapi sebaiknya selalu bijaksana dalam bertindak. Bila menderita suatu penyakit serius sebaiknya berkonsultasikan dulu dengan Dokter sebelum melakukan diet dalam bentuk apapun.

Salam Sehat,
Team Dokter Simas Sehat

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :