10 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan datang. Umat muslim di seluruh dunia akan menjalani puasa selama satu bulan penuh di bulan yang penuh kemuliaan. Tentunya diperlukan persiapan agar puasa dapat berjalan dengan lancar.

Puasa secara umum adalah tindakan sukarela dengan berpantangan dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Bagi umat muslim periode tertentu itu adalah mulai dari waktu imsak hingga maghrib.

Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah 10 manfaat dalam melaksanakan puasa :

a. Meningkatkan Detoksifikasi
Olahan makanan yang banyak mengandung zat kimia dapat menjadi racun dalam tubuh, sebagian besar racun tersebut tersimpan dalam lemak. Dengan berpuasa lemak akan terbakar sehingga secara otomatis racun-racun dilepaskan dari tubuh kita dan organ hati, ginjal, dan organ lainnya juga melakukan proses detoksifikasi.

b. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Berpuasa memberikan kesempatan untuk tubuh dan terutama sistem pencernaan untuk beristirahat seperti kerongkongan, lambung, serta usus agar dapat bekerja lebih baik dan maksimal ketika kita mulai kembali mengkonsumsi makanan.

c. Mengatasi Masalah Peradangan
Ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa adalah penyembuhan penyakit peradangan dan alergi seperti rematik, penyakit kulit psoriasis, dan radang usus kolitis ulserativa.

d. Mengurangi Kadar Gula Darah
Selama menjalankan puasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa untuk tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini mengurangi produksi insulin pada pankreas dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa.

e. Meningkatkan Pembakaran Lemak
Respon pertama yang diterima oleh tubuh saat berpuasa adalah memecah glukosa, ketika persedian glukosa sudah habis maka ketosis dimulai dengan memecah lemak untuk melepaskam energi. Lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot juga akan dipecah agar menghasilkan energi.

f. Mengurangi Hipertensi
Berpuasa memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa menggunakan obat. Puasa membantu mengurangi resiko ateroskleorosis yaitu tersumbat arteri oleh partikel lemak yang menyebabkan darah tinggi. Selama menjalankan puasa cadangan glukosa dan lemak digunakan untuk menghasilkan energi sehingga tingkat metabolik tubuh berkurang dimana hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang dengan demikian membuat metabolisme tubuh dalam keadaan stabil yang menghasilkan dampak akhirnya penurunan tekanan darah.

g. Membantu Menjaga Berat Badan
Puasa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat, karena mengikis timbunan lemak dalam tubuh. Hanya saja puasa tidak bisa dijadikan sebagai hal utama dalam menurunkan berat badan.

h. Meningkatkan Kebiasaan Diet Sehat
Berpuasa akan mengurangi dan dapat mengkontrol keinginan untuk makan ataupun ngemil makanan olahan sehingga mnedorong kita cenderung untuk makan makanan alami, mengkonsumsi air putih, dan buah-buahan.

i. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Saat seseorang menjalani diet diantara waktu puasa akan mendapatkan peningkatan kekebalan tubuh dikarenakan terjadi pelepasan racun dan pengurangan timbunan lemak dalam tubuh ditambah bila seseorang berbuka puasa dengan buah-buahan.

j. Membantu Mengatasi Masalah Kecanduan
Tidak hanya mengendalikan diri dari makan, minum, dan hawa nafsu berpuasa juga dapat mengendalikan seseorang dari kebiasan buruk seperti merokok atau alkohol. Walaupun tidak menyelesaikan masalah kecanduan secara total namun hal ini sangat membantu dan berperan sangat baik.

Jadi menunaikan ibadah puasa saat bulan Ramadhan, selain mendapatkan pahala dan pengampunan dari segala dosa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selamat menunaikan ibadah puasa...

fb-share-button twt-share-button

Info Sehat
Cari Tips Hidup Sehat :